Asas Landasan Kepahaman Seorang Muslim

Posted by Unknown Selasa, 09 April 2013 5 komentar

9 Asas landasan kepahaman seorang muslim


  

Hay sobat ??bagaimana kabar kalian hari ini ?? baik kan ?? J kali ini saya akan membagi sedikit informasi tentang, bagaimana cara kita memahami sesuatu sebagai seorang muslim??teman-teman sudah pada tahu belum?? Kelihatannya pada belum ni..hehhe nah disini saya akan memberikan informasi tentang  9 Asas Landasan Kepahaman Seorang Muslim. Yaudah  langsung saja saya jelaskan satu persatu selamat membaca teman-teman..^_^


 

Menurut kamus bahasa Indonesia paham itu banyak pengertiannya sobat, paham bisa diartikan pengetahuan banyak, pendapat, aliran, haluan, pandangan, mengerti benar (akan), tahu benar (aka), pandai dan mengerti benar (tt suatu hal)

 

Menurut saya sendiri dari penggabungan pengertian paham di atas yaitu  mengerti benar akan sesuatu hal tentang apa yang diketahui dengan memiliki pengetahuan yang banyak

Nah dalam islam, menurut Umar bin Khattab R.A, bahwa ada 9 asas landasan kepahaman seorang muslim yang harus di miliki. Asas-asas tersebut yaitu:

 

1)Dasar
Dasar kehidupan seorang muslim ialah berusaha untuk menegakkan agama Allah (ISLAM) di muka bumi.

2) Rujukan
Menjadikan Al-Quran sebagai sumber pedoman diikuti hadis/sunnah


 
3) Tujuan Hidup
Kehidupan seorang muslim adalah semata-mata untuk mendapatkan rIdha Allah s. w. t. Menjadikan diri sebagai seorang hamba yang betul-betul taat kepadaNya.


 
4) Tugas Kita
Kerja harian kita adalah menyempurnakan perhambaan diri kepada Allah s. w. t dengan cara yang digariskan oleh AlQuran dan sunnah Rasulullah.



 
5) Fungsi
  1. Pertama ; menegakkan cara hidup berteraskan agama Allah (ISLAM) dan penghayatan pengabdian kepadaNya ; dan mendirikan pentadbiran dunia yang berteraskan kepada agama Allah (ISLAM).
  2. Kedua ; Meneruskan perjuangan yang dimulakan oleh Rasulullah dan para sahabat.

 
6) Alat
Pertama ; Harta - ikhlas dalam mengorbankan harta benda, uang dan sebagainya semata- mata untuk melaksanakan tujuan hidup, tugas dan fungsi.
Kedua ; Nyawa - sanggup menggadaikan nyawa untuk kepentingan agama Allah




7) Model contoh
Seorang muslim wajib menjadikan Rasulullah sebagai contoh hidup. Dan juga para sahabat yang menggunakan manhaj nubuwwah sebagai asas kehidupan mereka.


 

8) Kenali Kawan

Pertama : suami isteri yang saling memahami.
Kedua : seluruh umat Islam ; dan meyakini bahawa umat Islam yang berbagai bangsa dan keturunan adalah satu keluarga yang berasal daripada Adam dan Hawa.




9) Kenali Musuh
Pertama : Iblis dan syaitan
Kedua : Manusia yang mempunyai ciri-ciri syaitan.



 

Itulah sekilas tentang 9 Asas Landasan Kepahaman Seorang Muslim…. Insyaallah bisa bermanfaat untuk kita sebagai seorang muslim..Amin


ket: sobat boleh mengkopi paste artikel ini tetapi tolong di cantumkan alamat link sebagai berikut http://azmiipratama.blogspot.com/2013/04/asas-landasan-kepahaman-seorang-muslim.html.. tolong hargailah karya orang lain.. sobat juga ingin kan di hargain hasil karyanya ^_^
 

 

 

 

-SEMOGA BERMANFAAT-
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Asas Landasan Kepahaman Seorang Muslim
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://azmiipratama.blogspot.com/2013/04/asas-landasan-kepahaman-seorang-muslim.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

ijin mampirnya, artikelnya sip ok banget nich...

Unknown mengatakan...

okey..mksih sobat ^_^saling berbgi informasi :)

Unknown mengatakan...

mantap gan..mksih buat infonya :)

Unknown mengatakan...

mksih gan :)

Unknown mengatakan...

sip sma" gan sling berbagi informasi :)

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of KREATIFITAS ANAK BANGSA.